Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

My Week of Journey

March 23th, one of my best day. Kenapa? Mungkin tak tepat jika saya jelaskan di sini. Yang jelas berhubungan dengan salah satu pulau paling romantis di dunia. Yap, Bali. Postingan kali ini saya akan mencoba menceritakan catatan perjalanan saya selama 1 minggu lebih melakukan perjalanan ke 3 provinsi yang berbeda, yaitu Yogyakarta, Jawa Barat, dan tentunya Bali.

Oke, dimulai sabtu, 7 Juli 2012, liburan semester 2 akhirnya datang juga, tentu saja setelah saya dan temen-temen nyelesein tugas dan laporan dari kampus. Rencana liburan sudah pasti nongol di kepala kita masing-masing. Akhirnya setelah ajak temen sana-sini, tercetuslah ide buat main ke pantai Gunungkidul. Dan pantai Ngobaran lah yang jadi tujuan kami.

Kami berangkat berdelapan ada saya, Vikry, Yudis, Fendika, Yogo, Agung, Desta, dan Fauzan. Dan setelah selesai menikmati pantai kami berencana bermain ke kota Jogja. Sore hari kami telah sampai di kota Jogja dan mencari tempat makan. Akhirnya ditentukan makan di loempia BOM dekat dengan fakultas teknik UGM.

Selesai makan dan sholat di maskam UGM kami menikmati malam di Malioboro. Tapi kami hanya berlima kali ini, Tikung Fauzan dan Fendika balik ke Solo karena ada acara masing-masing. Tapi sebelum balik Tikung sempet ngajakin kita ke Bali, karena dia memang mau menyambangi mbaknya yang ada di Bali. Dan tentu saja kami setuju dan berniat ke Lombok sekalian.

Selesai dengan Malioboro kami mencoba Kalimilk yang kata Yudis terkenal enak. Sempat muter-muter gara-gara Yudis lupa gang yang mana, akhirnya ketemu juga, dan ternyata penuh -__-" alhasil kita harus menunggu di luar hampir setengah jam. Setelah kenyang minum susu segitu banyaknya kami akhirnya balik lagi ke Solo, dan tentunya kami sempat membeli oleh-oleh bakpia khas Jogja.

Minggu sore, 8 Juli 2012 saya sudah sampai di rumah, karena rencananya senin pagi saya pergi liburan ke Bandung bersama keluarga. Berangkat jam 2 pagi, kami baru sampai di Trans Studio Bandung jam 1 siang gara-gara macet. Dan sampai malam hari kami hanya bermain di sini, tapi itupun belum semua wahana terjamah.

Lelah bermain kami lanjut istirahat di mobil, dan berniat menikmati sun rise di pantai Pangandaran. Sepanjang perjalanan saya hanya tidur dan jam 4 pagi kami sudah sampai. Menikmati sun rise di pantai Pangandaran Timur, sayang sedikit berawan saat itu. Lanjut kami bersepeda sepanjang pantai barat dan pantai timur. Jarak pantai barat dan pantai timur sangat dekat, walaupun mobil diparkir di pantai timur, tapi kami berenang di pantai barat sekaligus menyeberang dengan kapal menuju taman laut.

Rabu, 11 Juli 2012 Tikung sms dan katanya dia sudah di Bali menggunakan sepeda motor (kagak capek apa ya Solo-Bali naik motor sendiri -___-) Saya lantas ngabarin anak-anak dan sialnya cuma saya yang positif bisa berangkat ke Bali. Oke, karena ngebet pengin ke Lombok langsung saya cari info-info perjalanan ke Bali dan Lombok. Ternyata tiket kereta Sri Tanjung Jogja-Banyuwangi sudah habis. Skip skip skip akhirnya Jumat siang saya berangkat sendiri menggunakan bus ekonomi Solo-Surabaya, lanjut ganti bus jurusan Surabaya-Denpasar.

Oke, tragedi mulai terjadi di terminal Bungurasih Surabaya. Karena jam 10 malem saya baru sampai, jadi bus jurusan Bali  hanya ada 1 waktu itu. Walaupun ini pertama kalinya saya masuk terminal yang terkenal banyak calonya ini saya sok-sokan saja kayak udah biasa biar ga didatengin calo. Alhasil lolos calo sampe bisa ketemu salah satu penjaga terminal. Tapi parahnya pas tanya sama penjaga malah saya diarahkan ke calo bus malam. SIAL. Oke, buat perbandingan tiket bus malem yang biasa Surabaya-Denpasar paling hanya 120-150 ribu, dan si calo langsung menulis tiketnya dan meminta harga 225 ribu. Tapi saya sedikit untung, uang di dompet saya hanya sisa 150 ribu dan saya tunjukin saja ke calonya (ada 2 calo yang 1 kurus yang 1 gede badannya). Si calo sempet marah, tapi mau bagaimana lagi, akhirnya diambil tuh duit dan dikasihin itu tiket. Uang habis? Kagak si sebenernya. Masih ada 150 ribu yang saya pisah-pisahin di tas dan celana hehehe :D

Bus baru berangkat pukul 11 malem, dan sampai di terminal Mengwi sekitar pukul 10 pagi. Lanjut naik angkot ke Ubung dan siap dijemput tikung di Ubung. Hampir 22 jam perjalanan Solo-Denpasar, badan dah ga enak dan mampir deh di SPBU buat numpang mandi :D Lanjut main ke Tanah Lot dan Kuta. Di Kuta saya sama Tikung mulai cari makan dan dapet deh nasi bungkus 3 ribuan. Terus nikmatin Sunset di Pantai Kuta berdua bersama Tikung (Berasa homo amat -___-)

Malem pertama saya menginap di Bungalow dengan rate kamar 125 ribu/malem, hanya 10 menit jalan kaki dari pantai Kuta. Dan saya sendiri, karena Tikung balik ke tempat mbaknya dekat GWK sekitar setengah jam dari Kuta. Malem hari saya iseng jalan-jalan sendiri sepanjang pantai selatan sampai utara Kuta. Ini pertama kalinya saya ke pantai di malem hari, dan itu di pantai Kuta. Sempet bernostalgia dengan kenangan2 di sini. Cuma bisa senyum-senyum sendiri kayak orang gila haha Akhirnya balik ke penginapan dan tidurrr..

Minggu pagi saya langsung membawa tas kecil dan berjalan-jalan menelusuri Legian Street. Masih banyak yang sedang beribadah kalau di pagi hari. Muter-muter cari makan akhirnya dapet nasi bungkus lagi. Agenda hari ini sebenarnya mau coba ke Lombok, tapi sayang Tikung ga bisa karena sorenya dia ada acara dengan mbaknya. Akhirnya kami ke pantai Padang-Padang tempat syuting Eat, Pray, Love-nya Julia Robert. Karena pas ada acara surfing, jadi lupa waktu dan ga jadi mampir pantai Dreamland. Oke saya sudah balik ke penginapan lagi saat maghrib dan saya sudah pindah di losmen Arthawan dengan rate kamar 60 ribu/malam. Dan di sini kamar saya berseberangan dengan Louis, orang Belgia yang juga suka dengan travelling.

Saya memulai percakapan saat keluar kamar untuk menaruh handuk saya, dan Louis sedang merokok saat itu. Dia berkulit putih kurang dari 30 tahunan dan rambut pirang. Yah basa-basi lah awalnya. Saya kurang pandai berbahasa Inggris sebenernya, tapi ya untung saja dianya mudeng sama apa yang tak omongin hehe Banyak yang kita bicarain, mulai dari pekerjaan dan kehidupannya di Sidney, tentang Bali, Lombok, dan tentang Thailand. Dan yang bikin saya tambah pengin ke Thailand yaitu saat dia bilang biaya travelling untuk ke Thailand termasuk Phi Phi Island jauh lebih murah daripada Bali :D Walaupun dia kristiani tapi dia juga tahu banyak dan ingin tahu lebih tentang Islam. Tentang puasa, Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, banyak lah sampai saya ga bisa jawab karena memang pengetahuan saya tentang Islam masih rendah :(

Akhirnya saya akhiri pembicaraan dan cabut jalan-jalan di Legian Street dan makan di warung masakan padang. Setelah itu saya menikmati musik tradisional Bali sebelum balik ke penginapan. Jam 10 malem saya sudah tidur, sampai akhirnya jam 12 malem handphone saya bunyi. Ternyata dari Tikung dan dia sudah di depan Poppies Lane 2 bersama temennya yang dari Surabaya. Sedikit ngantuk akhirnya jalan deh nyamperin dia. Dan ternyata seperti inilah Legian Street di tengah malem -__- ga perlu saya jelasin deh. Akhirnya saya pamit balik ke penginapan buat tidur dan berniat pulang esoknya.

Senin pagi, 16 Juli 2012. Pamit sama Louis mau balik, dan ternyata dia juga mau ke bandara buat balik ke Sidney. Pukul 11 WITA saya check out dan sempet nanyain tempat cari oleh-oleh yang relatif murah kepada staff di penginapan karena paginya saat muter-muter Kuta yang saya dapati harga yang mahal. Dan katanya si mending di Krisna. Nelpon Tikung ga diangkat-angkat, pasti masih tidur habis woyo-woyo tadi malem. Eh, taunya nongol pas saya keluar dari penginapan. Langsung deh ke Krisna buat cari oleh-oleh.

Setelah dapet baliknya saya naik angkot, karena pengin dapet pengalaman ngangkot di Kuta sampai Ubung. Saat itu angkot sepi, cuma ada ibu-ibu sama sopir angkot yang kelihatan dah kenal satu sama lain. Saya tanya saja tentang angkot di sini. Ternyata sama seperti angkot-angkot di Jawa pada umumnya. Si bapak sopir cerita-cerita banyak tentang transportasi di Denpasar yang mulai macet. Dan si Ibu pun ga mau kalah, bahkan si Ibu punya cerita yang lebih menarik buat saya. Karena ternyata si Ibu dulu salah satu korban Bom Bali 2. Dia bekerja di Legian Street, dan si Ibu cerita bagaimana menakutkannya saat terjadi pengeboman. Dia pun kena serpihan kaca dan sampai saat itu beliau masih mengeluh dengan luka di telinga kirinya yang ga kunjung sembuh. Katanya masih sering sakit dan keluar cairan gitu.

Angkot mulai penuh dan akhirnya sampai Ubung juga. Tapi tenang, di sini calonya ga ganas kok. Akhirnya dapet tiket seharga 140 ribu. Saya duduk bersama seorang bapak yang terlihat asli Jawa. Ya, ternyata beliau asli Jawa Tengah, saya lupa daerah mana. Tapi beliau hidup di Surabaya dan baru saja menilik usahanya yang baru dirintis di Sanur yaitu usaha masakan bebek goreng. Anaknya seorang arsitek dan bekerja di Solo ternyata. Dan beliau banyak sekali cerita asam garam kehidupannya. Wah jadi termotivasi saat itu. Dan di akhir perjalanan beliau memberikan kartu langganan untuk PO bus SK dan MIRA miliknya. Lumayan dah jadi dapet potongan harga kalau menggunakan PO tersebut :)

Selasa pagi, 17 Juli 2012. Akhirnya saya sampai juga di depan kampus UNS tercinta. Dan mas Fathir sudah siap dengan vespanya di depan gerbang dan dari mukanya sudah terlihat dia sangat ingin tahu perjalanan saya kali ini. This could be my first ever solo travelling dan saya dapat banyak sekali pengalaman di dalamnya. Kata seseorang:
"hidup itu terlalu singkat dan kita tidak akan cukup untuk nyobain semua pengalaman di dalamnya, maka dari itu kita butuh pengalaman orang lain"

P.S. I miss my travelling with you :)